Friday, January 2, 2015

Kota Tarakan Dan Historinya

Kota Tarakan Dulu masih jadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur, tapi sekarang udah jadi bagian dari provinsi baru gan yaitu Kalimantan Utara. Tarakan ini merupakan satu-satunya Kota yg ada di Provinsi Kaltara. Sebagaimana yg kita tau, bahwa Kaltara terdiri dari Kab. Bulungan, Kab. Tana Tidung, Kab. Malinau, Kab. Nunukan & Kota Tarakan. Maksud ane singkatnya, kalo Bulungan dipimpin oleh seorang bupati maka Tarakan ini dipimpin oleh seorang walikota. Sedikit inpoh, nama Tarakan ini berasal dari bahasa Tidung gan, yaitu "Tarak" dan "Ngakan". Tarak yg artinya nelayan dan Ngakan yg artinya makan, lalu secara harfiah diartikan sebagai tempat para nelayan untuk beristirahat sembari makan, bertemu dan melakukan barter hasil tangkapan ikan dengan nelayan lain.

bagi kalian yang masih awam tentang tarakan , demikian penampakannya di google maps. 



Jadi, Tarakan itu sejatinya adalah sebuah pulau gan sama seperti Pulau Nunukan. Dia terlepas dari daratan Kalimantan Utara. Tapi untuk sampai kesana, sekarang udah banyak penerbangan menuju Tarakan kok. Mulai dari Sriwijaya Air, Garuda, Susi Air sampe Maskapai MASWings yg melayani penerbangan ke Tawau, Malaysia.

IKAN TIPIS TARAKAN
Ok , setelah mengenal sedikit tentang Tarakan, anda pasti berasa kurang kalo belum pada tau apa oleh-oleh khas Pagun Taka City ini.

Basicly, karena tarakan adalah pulau yg dikelilingi oleh lautan so ada satu jenis camilan khas kota ini yg namanya Ikan Tipis. Disebut ikan tipis karena pada saat pengolahannya terjadi penyusutan kadar air pada ikan tsb gan, sehingga bentuknya menyerupai keripik ikan gitu. Aslinya ni ikan namanya Ikan Nomei atau Pepija, banyak ditemukan di perairan Juata dan Pantai Amal.

Selain dipasarkan di Indonesia, ikan tipis in telah merambah dunia internasional lho gan, sebut saja seperti Malaysia, Brunei, Singapore dan Filipina. Bahkan produk ini telah mendapat sertifikat yg dikeluarkan oleh Dirjen HAKI.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More